Cara Berjualan Online Tanpa Modal Untuk Pemula

zahryrahman-cara-berjualan-online-bisnis-anda

Cara Berjualan Online – Saat ini bisnis yang menggunakan fasilitas online internet mulai dilirik oleh para pebisnis. Disamping pangsa pasar konsumen potensial yang kian hari makin meningkat yang disebabkan oleh pengguna internet baik PC maupun mobile yang terus mengalami grafik peningkatan yang signifikan, faktor lain yang diperhitungkan adalah adanya penghematan biaya misalnya biaya sewa tempat dan biaya gaji karyawan jika bisnis hanya dijalankan melalui offline.

Bagaimana tidak, bandingkan saja ketika Anda harus menyewa sebuah ruko yang harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta hanya untuk menarik konsumen potensial untuk datang melihat atau membeli produknya. Dengan menerapkan Cara Berjualan Online yang benar dan dengan penerapan yang mantap, akan mendapatkan ratusan bahkan jutaan konsumen potensial yang akan mengunjungi website sebagai salah satu media pemasaran online, dan pada akhirnya nanti akan terjadi pembelian.

Namun disinin perlu Anda perhatikan, dalam melakukan cara bisnis berjualan dengan media online, tanpa persiapan dan perencanaan yang matang, dalam waktu yang tidak lama bisnis online Anda akan mengalami gulung tikar. Untuk menghindari kejadian tersebut, maka Anda diharapkan mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara berjualan online dengan benar.

Berikut ini kami sampaikan beberapa poin penting yang wajib Anda perhatikan sebelum melangkah untuk membuat sebuah bisnis online.

Yang Perlu Diperhatikan Dalam Cara Berjualan Via Online

Tentukan Produk Yang Akan Anda Jual

Pertama-tama yang perlu diperhatikan dalam memulai cara berbisnis dan berjualan online, Anda harus menetukan terlebih dahulu produk yang akan Anda jual secara online.

zahryrahman-menentukan-produk-yang-akan-dijual-online

Penentuan produk ini tentunya harus disertai dengan pemilihan produk yang layak jual. Produk yang layak jual disini dalam arti produk yang mempunyai peluang pasar yang baik. Usahakan produk mempunyai banyak permintaan.

Namun perlu diperhatikan dalam hal persaingan. Jika Produk Anda mempunyai banyak permintaan dan sedikit persaingan, maka bisa dikatakan Anda tinggal memilih produk tersebut dan dikelola dengan secara baik, maka siap-siaplah Anda mempunyai omzet bagus dalam berbisnis online. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan produk adalah :

  1. Jika produk berupa barang/fisik, apakah produk tersebut dapat dikirim ke konsumen? jika produk berupa produk digital, Anda cukup mudah mengirimnya via fasilitas internet.
  2. Apakah dalam berjualan online produk Anda terdiri dari berbagai macam produk, atau apakah Anda hanya memfokuskan pada satu macam produk misalnya buku, tas atau t-shirt.
  3. Apakah produk yang akan Anda jual tersebut merupakan produk sendiri? Jika ya, pastikan bahwa produk Anda akan mampu mengimbangi permintaan pasar yang nanti akan tercipta. Dalam kasus ini Anda juga harus memiliki hubungan baik dengan supplier bahan baku produk Anda.
  4. Pengiriman produk merupakan salah satu faktor penting untuk diperhatikan. Buatlah perencanaan yang baik dalam hal pengiriman produk yang efisien. Jasa pengiriman pihak ketiga juga bisa Anda pertimbangkan.
  5. Pastikan dalam penentuan produk ini, produk yang Anda jual merupakan produk jangka panjang. Anda cukup lakukan pemasaran online yang efektif untuk produk Anda dengan selalu memperhatikan pesaing dan produk sejenis. Ini merupakan langkah strategi pemasaran online.

Tentukan Niche Market

zahryrahman-tentukan-niche-market

Niche Market adalah suatu pemilihan segmen pasar tertentu yang menyediakan produk sejenis. Tujuan ditentukannya Niche Market adalah agar konsumen nantinya mendapatkan kepuasan serta untuk meminimalisasi adanya persaingan pasar. Dalam cara berjualan online yang baik, Anda harus mempunyai ciri khas yang membedakan Anda dengan pesaing Anda. Poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan Niche Market adalah sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu lakukan survey terhadap para kompetitor Anda sebelum Anda melakukan penjualan produk. Karena dalam hal ini penjualan produk dilakukan secara online, pertimbangkan persaingan pasar online terlebih dahulu.
  2. Tawarkan produk yang betul-betul orisinil dan khas. Misalnya produk kerajinan, pastikan produk tersebut mempunyai ciri khas tersendiri dan berbeda dengan produk kerajinan lain yang telah ada.
  3. Jika Anda mempunyai keahlian khusus, manfaatkan hal tersebut. Seperti halnya dengan produk ASTEC yang berupa kaos, sepatu dan raket badminton milik atlit bulutangkis terkenal Susi Susanti.
  4. Ciptakan pengalaman belanja para konsumen di toko online Anda adalah simpel dan terpercaya. Dalam hal ini berkaitan dengan kreatifitas pembuatan website atau lainnya.

Ujilah Penjualan Produk Pilihan Dalam Skala Kecil

Akan lebih baik hasilnya saat cara berjualan via online Anda akan praktekan, jika terlebih dahulu Anda melakukan uji coba penjualan produk secara offline dalam skala kecil, bisa di event pameran atau di pasar. Amatilah minat para pembeli di pasar. Anda juga bisa manfaatkan beberapa situs market place online seperti tokopedia atau yang lainnya. Hal semua ini dilakukan untuk mendapat gambaran peluang pasar akan suatu produk guna kepentingan bisnis jangka panjang. Dalam melakukan ujicoba ini Anda bisa pastikan beberapa hal yaitu :

  1. Siapa saja yang telah membeli produk Anda? penetuan ini untuk mengetahui segmen pasar yang jelas. Hasilnya nanti akan berguna saat kita melakukan segmentasi pasar dalam kegiatan pemasaran misalnya pemasaran melalui sosial media.
  2. Seberapa besar mereka bersedia untuk membayar? dengan menerapkan ujicoba harga yang berbeda, Anda bisa tentukan harga yang tepat untuk produk Anda.
  3. Dapatkan informasi tentang kepuasan konsumen terhadap produk Anda. Hal ini cukup penting untuk kelangsungan strategi bisnis jangka panjang Anda.

Buatlah Perencanaan Bisnis Yang Tepat

zahryrahman-perencanaan-bisnis-online

Ketika Anda mulai serius dengan cara berjualan online, misalnya dengan perencanaan membuat sebuah toko online, maka susunlah rencana bisnis online Anda secara terperinci. Memang berjualan secara online banyak media yang bisa kita gunakan secara gratis. Namun bila Anda menginginkan bisnis Anda lebih profesional, maka sisihkanlah profit penjualan produk Anda untuk membuat sebuah website atau toko online. Hal ini akan menambah kepercayaan produk Anda di bisnis online. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan bisnis online untuk produk Anda adalah sebagai berikut :

  1. Berjualan via online bisa saja gratis tanpa biaya dengan memanfaatkan beberapa media sosial atau marketplace yang tersebar banyak di internet. Namun jika produk Anda adalah produk sendiri tentunya akan ada biaya produksi. Lain halnya jika produk yang Anda jual merupakan produk orang lain, dimana Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut.
  2. Untuk produk dalam bentuk barang, petakan tentang besarnya biaya pengiriman barang.
  3. Dalam kondisi tertentu Anda bisa saja membutuhkan karyawan khusus menangani bisnis online Anda. Oleh karena itu Anda harus perhitungkan tentang gaji karyawan.
  4. Jika bisnis online Anda sudah mengarah lebih profesional, pertimbangkan biaya domain dan hosting guna kelangsungan bisnis online Anda.
  5. Pertimbangkan juga besaran biaya pemasaran yang dibutuhkan, misalnya dengan mengiklankan produk via media sosial facebook, iklan di google atau lainnya. Kegiatan mengiklankan produk atau website toko online ini akan mempercepat pengenalan produk atau website bisnis Anda kepada konsumen potensial.

Demikian ulasan kami tentang cara berjualan online yang saat ini perkembangannya dirasa semakin pesat. Adanya perkembangan teknologi informasi dan teknologi produsen pc atau smartphone dengan fitur-fitur yang ditawarkan semakin canggih dan semakin memanjakan konsumen, hal ini akan sangat berefek terhadap perkembangan bisnis dunia online.

 

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!